Sabtu, 18 Mei 2013

Lontong Sayur Tempe

Lontong sayur tempe
lontong sayur tempe dan mandai ini berasal dari dua tempat yang berbeda dengan bahan yang berbeda pula, namun sama-sama berjenis "sayur".Proses pengawetannya pun sebenarnya agak berbeda.Yang satu tanpa garam tetapi memakai tempe, sedang yang lain memakai air garam.

Lonton sayur tempe kutemui pertama kali di tanjung kemuning kecamatan tanjung kemuning,ibukota Kabupaten Kaur,Propinsi Bengkulu.
Lontong sayur tempe adalah kacang hasil proses fermentasi.Terbuat dari kacang yang dipros menjadi tempe.Setelah dicuci bersih,kacang tersebut direndam dalam air.Lalu taruh kacang yang sudah direbus sebentar ,tak sampai matang,di dalam rendaman tersebut.Biasanya kacang yang dimasukkan adalah kacang.Aku tak tahu nama Indonesianya,atau nama latinnya.Namun tempe ini termasuk jenis kacang kedelai,berwarna putih.Aku ingat pernah makan gulai tempe ini bertahun lalu di di rumah sendiri karena kluarga ku senang dengan tempe.
Nah,kembali lontong sayur tempe,simpan kacang kedelai tersebut minimal beberapa jam,baru dikonsumsi dengan cara memasaknya. lontong sayur tempe bisa dimasak gulai atau ditumis saja.Untuk tumisan cukup dengan bawang merah dan bawah putih serta cabe giling,sedikit sereh dan lengkuas. Rasa lontong sayur tempe dan rasa bumbu yang pedas berpadu menjadi rasa yang segar merangsang nafsu makan. 
Dengan proses pembuatan yang mirip dengan lontong sayur tempe,dulu saya temui di bengkulu selatan. Tadinya aku gengsi dengan makanan ini, mengingat bahannya adalah dari kacang kedelai (orang Jawa bilang tanpa tempe rasanya kalau mkan gak enak").

Maka dari itu coba temen-temen cobain dulu makanan kas daerah kaur lontong sayur tempe pasti anda akan ketagihan.

0 komentar to “Lontong Sayur Tempe”

Posting Komentar

 
© Copyright 2014 Aneka Masakan | Powered by Blogger.com.